Aspek Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti perkuliahan pertemuan-1 mata kuliah teori dan strategi belajar oleh Prof. Dr. Muchlas, M.T., saya memperoleh pengetahuan terkait dengan Aspek-aspek dalam capaian pembelajaran, Aspek-aspek tersebut harus selaras dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMK. Aspek-aspek tersebut antara lain, Aspek capaian pembelajaran Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.
-
Aspek kognitif
merupakan aspek utama yang menjadi tolak ukur penilaian perkembangan peserta
didik. dalam aspek ini dibagi menjadi beberapa aspek yang lebih rinci yaitu,
(1) Pengetahuan (knowledge), (2) Pemahaman (Comprehension), (3) Penerapan
(application), (4) Analysis, (5) Sintesis (Synthesis), (6) Evaluasi
(evaluation).
-
Aspek afektif
merupakan sebuah materi yang berkaitan dengan emosional seperti (1) Penerimaan
(receiving/attending), (2) Responsif (responsive), (3) Penilaian (value), (4)
karakterisasi.
-
Aspek
psikomotorik merupakan aspek yang meliputi perilaku Gerakan atau keterampilan motoric
seseorang seperti (1) peniruan, (2) mekanisme, (3) adaptasi, dll.
Ketiga aspek ini sangat berperan
dalam hal pendidikan peserta didik, karena dengan ketiga aspek ini kita dapat
mengukur tingkat capaian proses pembelajaran terhadap peserta didik. sebelum aspek
psikomotorik diterapkan, alangkah baiknya peserta didik perlu memiliki
perhatian untuk dapat menerima materi/pembelajaran yang diberikan. Dengan begitu
peserta didik akan lebih mudah menerima pengetahuan dan menerapkannya sesuai dengan
apa yang sudah dipelajarinya.
Komentar
Posting Komentar