Aspek Capaian Pembelajaran

 Setelah mengikuti perkuliahan pertemuan-1 mata kuliah teori dan strategi belajar oleh Prof. Dr. Muchlas, M.T., saya memperoleh pengetahuan terkait dengan Aspek-aspek dalam capaian pembelajaran, Aspek-aspek tersebut harus selaras dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMK. Aspek-aspek tersebut antara lain, Aspek capaian pembelajaran Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.

-       Aspek kognitif merupakan aspek utama yang menjadi tolak ukur penilaian perkembangan peserta didik. dalam aspek ini dibagi menjadi beberapa aspek yang lebih rinci yaitu, (1) Pengetahuan (knowledge), (2) Pemahaman (Comprehension), (3) Penerapan (application), (4) Analysis, (5) Sintesis (Synthesis), (6) Evaluasi (evaluation).

-       Aspek afektif merupakan sebuah materi yang berkaitan dengan emosional seperti (1) Penerimaan (receiving/attending), (2) Responsif (responsive), (3) Penilaian (value), (4) karakterisasi.

-       Aspek psikomotorik merupakan aspek yang meliputi perilaku Gerakan atau keterampilan motoric seseorang seperti (1) peniruan, (2) mekanisme, (3) adaptasi, dll.

Ketiga aspek ini sangat berperan dalam hal pendidikan peserta didik, karena dengan ketiga aspek ini kita dapat mengukur tingkat capaian proses pembelajaran terhadap peserta didik. sebelum aspek psikomotorik diterapkan, alangkah baiknya peserta didik perlu memiliki perhatian untuk dapat menerima materi/pembelajaran yang diberikan. Dengan begitu peserta didik akan lebih mudah menerima pengetahuan dan menerapkannya sesuai dengan apa yang sudah dipelajarinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DASAR ELEKTRONIKA OTOMOTIF - RESISTOR

EVALUASI BAHAN AJAR

Teori Belajar Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, dan Konetivisme